Minggu, 10 November 2013

SERBA-SERBI KOS-KOSAN DI SEKITAR KAMPUS STAN


Menuntut ilmu di perantauan tentunya kita membutuhkan tempat untuk sekedar berteduh dikala terik dan bernaung dikala hujan (nge-Kost lah bahasa gaulnya). Mengenai lokasi kos-kosan yang ada di sekitar Kampus  STAN, terdapat beberapa tempat yang bisa dijadikan tempat kost, misalnya :
  • Kalimongso
Kalimongso merupakan daerah paling deket dengan Kampus STAN dan hanya berbatasan dengan tembok kampus (istilahnya tinggal salto udah sampai kampus). Jadi bisa dibilang nempel dengan kampus. Biaya untuk kost-kostan sekitar 4 -7 juta per tahun tergantung fasilitas yang ditawarkan oleh empunya kost. Namun, ada juga kost yang biaya nya bulanan. Sekitar 400-600 ribu/bulan. Kalimongso dihuni oleh kebanyakan mahasiswa STAN. Fasilitas berupa rumah makan, tempat fotokopi bejibun alias paling banyak. Karena terletak deket sama kampus dan dihuni oleh banyak mahasiswa, Kalimongso terkesan sumpek dan ramai dibandingkan dengan daerah lain.
  • Sarmili
Sarmili ini merupakan nama perkampungan di dekat Kampus STAN. Lokasi sarmili juga bersebalahan dengan kampus STAN, tetapi terletak di sebelah kanan kampus jika masuk dari Gerbang Ceger (belakang Kampus STAN). Akses menuju Sarmili agak jauh dibandingkan dengan Kalimongso, sekitar 200 meter menuju kampus. Kost-kostan di Sarmili umumnya lebih murah jika dibandingkan dengan Kalimongso tetapi tergantung juga dengan Fasilitas yang disediakan.  Range-nya sekitar 4 - 7 juta per tahun. Mengenai biaya hidup di Sarmili lumayan terjangkau karena berada di perkampungan penduduk. Fasilitas seperti rumah makan dan tempat foto kopi masih dengan mudah ditemukan.
  • PJMI (Perumahan Jurang Mangu Indah)
PJMI merupakan sebuah perumahan yang bersandingan dengan Kalimongso. Akses menuju kampus lumayan jauh sekitar 500 meter dari gerbang Kalimongso. Kost-kostan di PJMI biasanya berupa rumah yang dikontrakkan. Jadi misalnya temen-temen yang satu daerah ingin tinggal dalam satu rumah sendiri bisa menyewa rumah di daerah PJMI.
Biaya sewa tergantung fasilitas nya antara 20 - 25 juta/ tahun dengan jumlah kamar antara 3 - 5 kamar. Selain rumah untuk dikontrakkan, terdapat pula rumah bentuk kost-kostan dengan range harga sekitar 5 -7 juta pertahun. Faslitas di PJMI lebih baik jika dibandingkan dengan Kalimongso. Karena berada di perumahan jalan - jalan lebih lebar dan terdapat fasilitas taman dan lapangan olahraga. Warung makan dan fasilitas foto kopi juga ada, bahkan tempat untuk kongkow2 malam (nasi goreng dan pecel ayam enak) juga tersedia di PJMI.
  • Ceger
Ceger merupakan sebuah pemukiman di gerbang lama kampus STAN sebelum Jalan Bintaro ada. Pintu gerbang Ceger dengan Gedung - gedung STAN terbilang cukup sekitar 500 meter. Mengenai biaya kost disana hampir sama dengan daerah Kalimongso dan Sarmili, yaitu sekitar 4 - 7 juta pertahun. Fasilitas dapat dibilang amat sangat lengkap sekali, mulai dari warung makan, foto kopi, swalayan, ATM, toko - toko apa aja ada. Karena terletak di jalan utama, maka daerah Ceger dapat dibilang sangat rame karena menjadi daerah lalu lalang kendaraan.
  • Pisok
Pisok merupakan daerah perumahan di Bintaro Jaya yang terletak di depan persis gerbang kampus STAN Bintaro. Akses menuju kampus hanya berjarak 100 meter. Di daerah pisok terhitung masih sedikit tempat yang dijadikan tempat kontrakan dan kost - kost an. Kalaupun ada biayanya relatif mahal tergantung dari fasilitas yang di tawarkan. Hampir sama dengan PJMI, rumah kontrakan ditawarkan 25 - 30 juta pertahun dan untuk tipe kost berkisar antara 5 - 7 juta pertahun. Fasilitas berupa rumah makan dan foto kopi hampir dikatakan tidak ada. Jadi bagi yang tinggal di Pisok biasanya mereka masak sendiri.
  • Perumahan Pondok Jaya (Ponjay)
Terdapat satu kesan istimewa untuk daerah ini. ELIT. Yups, Ponjay merupakan perumahan yang lokasinya berada di jalur utama Jalan Bintaro Jaya. Lokasinya dekat dengan gerbang PJMI dan bersebelahan dengan daerah Pisok. Akses menuju gerbang depan Kampus STAN lumayan jauh, sekitar 500 meter.
Biaya kost di Ponjay relatif mahal. Untuk rumah yang dikontrakkan berkisar 25 - 30 juta pertahun dan untuk tipe rumah kost sekitar 5 - 7 juta pertahun. Biaya hidup untuk makan terbilang cukup mahal sehingga banyak mahasiswa disana yang masak sendiri. Fasilitas lain seperti tempat foto kopi, cafe dan minimarket serta tempat kongkow2 malam juga terdapat disana.


Intinya, dimanapun Anda berada tetep perhatian sama kebersihan dan kesehatan. sehingga kita nyaman untuk tinggal disana. OKE... Tetep semangat ya temans...

3 komentar:

Acai Bulsev mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

2013 masih murah ya :") tahun ini range harganya udah 13jt-25jt buat kostan per tahun

herukeren7 mengatakan...

Terima Kosan untuk Mahasiswa STAN (LETAK STRATEGIS).

-KOST PUTRA /COWOK.
-Tempat sangat Strategis, PATOKANNYA: PINTU BELAKANG KAMPUS STAN DI JALAN CEGER RAYA, DI PINGGIR JALAN RAYA CEGER, Posisi seberang Alfa Midi , belakang Toko HAUS.

-Fasilitas : WIFI, CCTV, kamar mandi dalam. Lemari, tempat tidur, jendela bertralis, dekat dengan jajanan lengkap murah dan enak /Surganya Kuliner Makanan, ( alfa midi, indomart, alfamart,ahadmart berada dalam radius 50 meter dari kosan ),WARTEG murah s/d RESTORAN ada..MC DONALD, KFC, HAUS, Pizza Domino, Richeese Factory, swalayan harmony. Dan Kalo lagi Butuh/Transfer uang , gak perlu susah2 cari ATM, karena ATM dekat & Lengkap sekali. Tinggal nyeberang jalan ajah..( ATM BCA,BRI,BNI,MANDIRI ).
MASJID, Kantor Bank BCA, BNI, BRI, BJB. dll dekat sekali, dalam radius 250meter dari kosan.

- Biaya Kosan Tahunan ( edisi tahun 2019) : 10,5 juta per tahun dan Belum termasuk biaya Wifi. Biaya Wifi patungan ama teman kamar (sekitar 50ribu/bulan).

- hubungi :
Ibu Basri
Telp: 021-7363337
WA : 081513312829

Hp : 081388085721

Posting Komentar