Jumat, 15 April 2011

AUDITOR SUCOFINDO PERIKSA PROSEDUR MUTU ISO USM STAN 2011


Meskipun USM 2011 belum dilaksanakan (rencana minggu ke-4 Juni 2011), tapi audit ISO 2011 ternyata lebih dini dilakukan oleh Auditor Sucofindo. Permintaan Sucofindo tentu menimbulkan tanda tanya bagi manajemen STAN, wabil khusus Tim ISO STAN (padahal baru seminggu lalu USM STAN juga diaudit oleh Tim Inspektorat Jenderal/Itjen Kementerian Keuangan). Rupa-rupanya Sucofindo secara tidak langsung merespon dinamika yang terjadi di tubuh STAN, terkait dengan struktur kepanitiaan USM 2011 yang berimplikasi pada hampir semua Prosedur Mutu sehingga harus direvisi besar-besaran. STAN juga sangat informatif dan terbuka dengan dinamika yang terjadi di tubuhnya sendiri, sehingga segera memberitahukan.

Surat Direktur STAN tertanggal 9 Maret 2011 (S-217/AK/2011) menginformasikan kepada pihak Sucofindo mengenai struktur kepanitiaan USM yang terdiri atas Panitia Pusat yang berwenang merumuskan kebijakan USM dan Panitia Daerah yang bertugas melaksanakan hasil kebijakan tersebut. Panitia Daerah terdiri atas Panitia Daerah Jakarta (dalam ha1 ini STAN) dan Panitia Daerah di unit-unit Eselon II/III di lingkungan Kementerian Keuangan yang ada di daerah (non Jakarta). Di masa silam, Panitia USM Jakarta melakukan tugas rangkap yakni merumuskan kebijakan USM dan melaksanaan kebijakan tersebut di lapangan.


Pelaksanaan audit pada hari Kamis – Jumat tanggal 7 – 8 April 2011. Opening meeting dibuka oleh Bapak Fadlil Usman selaku Wakil Manajemen ISO, dan diikuti hampir semua pegawai yang berkepentingan terhadap ISO USM STAN (Ketua Divisi, Ketua/Wakil Ketua Tim Kerja, Pengendali Dokumen, dan anggota Divisi/Tim Kerja). Secara umum audit berlangsung lancar sesuai skedul. Pada saat closing meeting (pk 16.00 WIB, Jumat, 8/4/11), manajemen STAN, diwakili Bapak Fadlil Usman, mengakui gembira atas hasil audit tersebut karena kategori temuannya adalah ketidaksesuaian minor. Beliau berjanji akan memberikan respon balik secara cepat atas temuan tersebut… dan respon cepat, semoga tetap menjadi semangat Tim ISO STAN… Go Ahead!

0 komentar:

Posting Komentar