Selasa, 17 Agustus 2010

MAKNA SEMBOYAN KALIBER : "SITHIK KETHITHIK KATHAH PRASAJANE"


Sithik Kethithik Kathah Prasajane !

Sithik Kethithik Kathah Prasajane ! merupakan semboyan organisasi ini. Mungkin ada diantara kita yang belum mengetahui maksud tulisan tersebut, sehingga ada pemikiran pemikiran yang menanyakan apakah makna dari semboyan tersebut?

Semboyan Sithik Kethithik Kathah Prasajane dicetuskan oleh salah satu anggota KALIBER dengan mempertimbangkan kondisi KALIBER yang saat tersebut terbilang hidup segan mati tak mau. Semboyan tersebut diusung dengan harapan agar generasi KALIBER berikutnya memiliki semangat yang luar biasa dalam menghidupkan organisasi yang mencoba untuk tenar di kampus.


Sithik berarti sedikit, dapat diartikan tidak berlebihan dalam segala sesuatu atau sederhana dalam bertindak. Kata Sithik diusung mengingat jumlah anggota KALIBER saat itu dapat dihitung dengan jari, saat KALIBER dihidupkan kembali dari keterpurukan, jumlah anggota KALIBER hanya berjumlah 11 orang saja.

Kethithik berarti terlacak, kelihatan atau dapat diidentifikasi. Kata Kethithik diusung ketika dalam menghidupkan kembaali organisasi, jumlah anggota yang sedikit tersebut dapat terlacak keberadaannya atau dapat berkumpul semua dalam kondisi yang ayom.

Kathah berarti banyak. Banyak bukan dalam segi kuantitas, tapi banyak dalam segi kualitas dan tetap akan berarti banyak dalam hal kebaikan dan banyak dalam arti memberikan kontibusi maksimal dalam berbagai macam aspek.

Prasaja berarti bersahaja atau sederhana. Kata prasaja diusung mengingat kondisi sederhana tak lepas dari image organisasi yang baru terbentuk, baik dari segi fungsi dan strukturnya. Namun kata prasaja juga diusung mengingat sebagai organisasi yang baru terbentuk, KALIBER selalu bersikap bersahaja dan tidak berlebihan dalam bertutur kata, bertindak dan berperilaku.

Keempat unsur kalimat penyusun semboyan KALIBER tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Mengikat satu makna semboyan utuh yang menggugah semangat. Sithik Kethithik Kathah Prasajane memiliki makna sempit berupa :
" Sedikit namun dapat terlacak dengan jelas dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dengan perilaku yang sederhana dan bersahaja".
Dalam arti luas, dalam artian tidak hanya memfokuskan makna terhadap organisasi maka makna luas dari semboyan KALIBER Sithik Kethithik Kathah Prasajane adalah Berusaha untuk memberikan hasil yang terbaik walaupun hanya berupa bantuan yang sederhana namun dapat memberikan banyak bermanfaat bagi khalayak melalui perilaku yang sopan, santun dan bersahaja.

"Jayalah KALIBER, Tetaplah eksis walaupun suatu saat kami kan meninggalkanmu."

1 komentar:

KALIBER-STAN mengatakan...

Karena terkadang menimbulkan kontroversi, maka iklan yang terpampang di blog ini harus saya hapus demi kenyamanan pengunjung.
Semoga desain tata letaknya akan lebih baik lagi kedepannya.
Semangat KALIBER !

Posting Komentar